Tahap Pengembangan Usaha

1.      Tahap Persiapan Usaha

Memiliki dan menjalankan usaha milik sendiri memerlukan kesiapan mental dan jasmani. Pertimbangkanlah faktor kelebihan dan kekurangannya agar Anda merasa pasti apakah menjadi wiraswasta cocok untuk Anda.


2.      Tahap Memulai Usaha
Memulai suatu usaha sebagai seorang pengusaha atau wiraswasta adalah hal yang sangat menarik dan cukup menantang. Jika Anda sudah bulat memutuskan jenis usaha yang akan Anda geluti maka tiba saatnya bagi Anda untuk mempersiapkannya tahap demi tahap.
Usaha yang berhasil berawal dari perencanaan yang baik. Jadi sebelum Anda menginvestasikan waktu dan uang Anda, pastikan setiap rencana dan sistem operasional yang dibutuhkan sudah siap. Dengan kata lain pastikan dulu berapa kedalaman kolam yang akan Anda arungi sebelum Anda terjun ke dalamnya!


3.      Tahap Mengelola Usaha
Ada banyak cara mengelola usaha agar usaha Anda bisa berfungsi secara efektif dan efisien. Cara yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk Anda. Cara pengelolaan yang terbaik adalah cara yang sesuai dengan tujuan usaha Anda, jenis produk/jasa Anda dan sistem operasi usaha Anda. 




4.      Tahap Membangun Usaha
Perkembangan usaha bisa terjadi dalam berbagai bentuk: 

  • Relokasi tempat usaha dari bisnis rumahan ke perkantoran,
  • Membuka cabang-cabang baru,
  • Melebarkan wilayah pemasaran ke luar kota, atau luar propinsi,
  •  Merambah pasar internasional (ekspor),
  • Mendatangkan produk-produk dari luar negeri (impor),
  •  Melakukan inovasi dengan menciptakan produk-produk baru untuk memenuhi  kebutuhan segmen pasar baru,
  •  Menjual usaha Anda ke pihak lain dalam bentuk waralaba.
  • Membesarkan atau mengembangkan perusahaan membutuhkan pendekatan yang hampir sama dalam hal perencanaan dan persiapan ketika Anda memulai bisnis. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang maka pengembangan usaha Anda tidak akan memiliki hambatan-hambatan yang berarti.


5.      Tahap Keluar dari Usaha
Suatu saat seorang pemilik perusahaan akan menghadapi tahap dimana dia harus keluar atau ingin berhenti dari dunia usaha karena berbagai alasan. Sama halnya dengan ketika Anda memulai suatu usaha, ketika Anda meninggalkan atau menghentikan sebuah proses operasional segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik dan setiap kewajiban harus diselesaikan.




Komentar

Postingan Populer