MOBILE COMPUTING

1. Beberapa pengertian tentang mobile computing diantaranya :


  • Mobile computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan.
  • Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel atau nirkabel.
  • Merupakan sekumpulan peralatan hardware, data, dan perangkat lunak aplikasi yang bermobilisasi atau berpindah lokasi.
  • Merupakan kelas tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang berbeda. 
2. Perbedaan Mobile dan Cloud computing 
  • Mobile computing menggunakan teknologi mobile untuk menjalankannya seperti handphone, carputer dan ultra mobile PC dan cloud computing menggunakan PC pada umumnya untuk menjalankannya.
  • Biaya untuk pengadaan energi bagi mobile computing cenderung lebih mahal dibanding cloud computing karena apabila tidak ada sumber daya listrik karena membutuhkan sumber daya pengganti yaitu baterai.
  • Mobile computing tidak terlalu membutuhkan tempat yang besar untuk mengoperasikannya dibandingkan dengan cloud computing karena cenderung portable dan mudah dibawa kemana saja.
  • Pada mobile computing, proses komputasi cenderung dilakukan sendiri oleh user sedangkan pada cloud computing, proses komputasi membutuhkan ASP dan internet sebagai media penghubung. 
    Persamaan Mobile dan Cloud computing
  • Keduanya merupakan metode untuk melakukan proses komputasi dan memecahkan sebuah masalah serta menemukan solusinya.
  • Keduanya membutuhkan alat pengolah data modern seperti PC, laptop maupun handphone untuk menjalankannya. 
3. Perusahaan yang menerapkan mobile computing
  • Perusahaan yang saya bahas adalah Bank DKI, Bank DKI merupakan Bank Umum dan Badan Usaha Milik Daerah yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya. Pada saat ini bank dki sudah menerapkan mobile computing yang disebut dengan Jak mobile. Jak mobile adalah layanan mobile banking pada smartphone  (Blackberry, Android, dan iPhone) dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan.
    Dengan Jak mobile pengguna dapat melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian, dll), transaksi  non finansial (cek saldo, cek histori transaksi, dll), informasi lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitur menarik lainnya. Untuk menggunakan layanan ini, pengguna perlu mendaftarkan nomor telpon anda melalui atm, setelah itu anda akan dapat struk bukti pendaftaran dan anda wajib menyimpannya, setelah itu lakukan konfirmasi ke cs bank dki agar dapat mengaktifkan layanan jak mobile kemudian mengunduh aplikasi mandiri mobile di Blackberry App World, App Store, dan Google Play.


Sumber tulisan: 
http://www.bankdki.co.id/id/corporate-website/profil-bank-dki
http://www.academia.edu/17287529/Makalah_mobile_computing
https://4d1kurn14.wordpress.com/2010/04/23/perbedaan-dan-persamaan-mobilegrid-dan-cloud-computing/
https://cdn.apkmonk.com/images/com.xlink.xmobilebankingaddki.png
http://www.v3biz.com/wp-content/uploads/2014/01/mobile-com.jpg


Komentar

Postingan Populer